burung terbang

Rabu, 06 November 2013

Cerpen buatanku

Kasih Sayang
Oleh : Rheyna Ayu Syavira

              Aku tidak pernah tau apa itu kasih sayang. Kata orang, kasih sayang itu rasa saling menyayangi satu sama lain. Orangtuaku selalu memikirkan pekerjaannya saja,tanpa memperdulikan aku. “Din,kamu ngapain diem ngelamun gitu?” Riana,teman sekampusku yang paling bawel dan selalu membuyarkan lamunanku. “Ah,enggak… Aku Cuma lagi mikirin buat presentasi aja” bohong, itulah yang aku katakan sekarang. Aku lebih memilih diam daripada harus menceritakannya kepada Riana,yah walau aku tau dia pendengar yang baik.
                   Hawa dingin karena hujan malam ini sungguh menusuk tulangku. Dikamar ini, tempat aku menenangkan diri dan memikirkan bagaimana caranya agar orangtuaku berhenti berkutat dengan pekerjaan mereka masing-masing.  Mereka belum pulang,aku mencoba menghubungi ayahku namun nihil hasilnya. Bahkan untuk mengangkat telefon dari anaknya saja mereka tak sempat. Ting nong… aku segera berlari menuju pintu, itu pasti ibu. Cklek… “Kamu lama banget bukain pintunya, ibu tuh capek pulang kerja pengen cepet-cepet istirahat.”, “Maafin Dinda bu, tadi Dinda gak denger.” Ibu hanya mengangguk dan langsung masuk tanpa menatapku.
                    “Dinda, kamu tau ga? Kamu tuh dapet nilai paling bagus disemester ini! Kamu tuh ya, kenapa pinter banget sih?” “Kamu serius Ri? Hahaha aku gak pinter kok, mungkin itu lagi beruntung aja. Makanya kamu belajar yang bener Ri” . Mungkin dengan mendengar ini ayah dan ibu akan lebih memperhatikanku. Entah mengapa rasa sakit ini menyerang kepalaku lagi. Beberapa minggu ini aku memang merasakan pusing dikepalaku. “Iya deh Din,aku bakal belajar yang bener biar bisa nyaingin kamu hahaha. Loh Din,kamu kenapa? Muka kamu pucet banget?” aku hanya menggeleng. Tubuhku serasa tak berdaya,lama-lama pandanganku buram. Pertahananku seakan runtuh,aku tidak tau apa lagi yang terjadi setelah ini.
                       “Maafkan ibu, Dinda. Ibu menyayangimu nak.”
                       “Dinda, bangung Dinda. Ayah disini nak.”
                       “Dinda bangung dong Din. Kamu kuat Din. Aku janji bakal belajar    yang bener biar bisa pinter,nyaingin kamu.” Suara itu, aku mendengar suara orangtuaku dan Riana didalam kegelapan ini. Aku tidak tahu dimana aku sekarang, namun aku melihat seberkas cahaya. Aku berlari menuju cahaya itu dan aku membuka mataku. Ruangan serba medis dan wajah kekhawatiran lah yang aku lihat sekarang. “Ada apa? Kenapa wajah kalian khawatir begitu?” Ibu langsung berhambur kepelukanku. Ayah dan Riana hanya tersenyum tenang. “Dinda, maafkan ibu ya,sayang. Ibu janji ibu akan lebih meluangkan waktu untuk kamu.” Aku hanya tersenyum mendengarnya, meskipun aku tidak tau apa yang terjadi sebenarnya.

                            Sekarang, Ayah dan Ibu lebih sering meluangkan waktu dirumah untuk menemaniku. Kami saling mengasihi dan menyayangi. Aku dapat merasakan kasih sayang itu dari mereka, orang terdekatku. Sekarang, aku tahu apa itu kasih sayang. Kasih sayang adalah suatu bentuk perhatian dan pengertian dari orang terdekat kita dengan cara saling mengasihi dan menyayangi, begitu pula sebaliknya. “Dinda! Ayo cepet masuk kelas, bentar lagi bel loh!” seru Riana sambing menarik pergelangan tanganku. Mulai hari ini, besok ataupun seterusnyahidupku akan berubah. Sejak kejadian lalu aku pingsan, kenyataan pahit yang aku terima bahwa aku divonis penyakit kanker. Tapi itu tidak akan membuatku patah semangat. Karena masih ada yang menyemangatiku. Mereka, orang yang menyayangiku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar